Punya Motor 2 Tak, Begini Cara Perawatan Knalpotnya

Saat ini, produsen motor sudah tidak mengeluarkan sepeda motor 2-tak lagi. Kendati demikian, kendaraan bermotor ini masih kerap dijumpai berseliweran di jalan. 

Karena sudah tidak diproduksi lagi, motor 2-tak sudah menjadi sepeda motor hobi dan motor jadul. Tak jarang, ia menjadi kendaraan yang dicari dan dihargai mahal karena menjadi motor koleksi.

Patut diakui bahwa motor 2-tak punya lebih banyak kekurangan daripada kelebihan, mulai bahan bakarnya yang boros, banyak polusi asap, dan suaranya yang nyaring-melengking.

Sebaliknya, kelebihan motor 2-tak adalah tenaga yang dihasilkan mesin jauh lebih besar daripada motor 4-tak. Akselerasi mesinnya jauh lebih cepat, bobotnya yang ringan, dan tenaganya jauh lebih gegas daripada motor 4-tak. 

Jika dirawat dengan baik, motor 2-tak cocok sebagai motor racing atau motor event balapan.

Cara Merawat dan Membersihkan Knalpot Motor 2-Tak

Pembakaran mesin motor 2-tak berlangsung sederhana, yaitu melalui proses dua langkah. Hal ini berakibat pada oli yang menumpuk pada knalpot. Kondisi ini wajar, namun sisa-sisa oli dan kerak yang menempel pada knalpot mesti harus rutin dibersihkan. 

Jika kerak dan sisa oli tetap menempel, hal itu akan mempengaruhi proses starter ketika akan menghidupkan dan menjalankan motor di jalan.

Berikut ini sejumlah cara merawat dan membersihkan knalpot 2-tak sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

Lepaskan Knalpot dari Motor

Copot knalpot dari dudukan mesin, kemudian pisahkan setiap bagian agar mudah membersihkan komponen-komponen knalpot.

Bersihkan dengan Semprotan Udara

Manfaatkan semprotan udara dengan tekanan tinggi untuk membersihkan kerak-kerak sisa oli yang menempel di dinding knalpot.

Lap hingga Bersih

Setelah bersih, gunakan lap kering untuk membersihkan bagian luar knalpot.

Cara di atas tergolong sederhana dalam pembersihan knalpot motor 2-tak. 

Cara Membersihkan Knalpot 2-Tak dengan Soda Api

Pecinta otomotif lain kadang menggunakan soda api untuk membersihkan knalpot. Hasilnya pun tak kalah bersih dibandingkan semprotan udara. Berikut ini cara menggunakan soda api sebagai alat pembersih knalpot 2-tak.

Campur soda api dengan air

Campurkan soda api dengan air dalam suatu wadah. Komposisi campuran soda api dan air adalah 1:2. Angka 1 untuk soda dan 2 untuk airnya. Jika soda setengah liter, Anda harus mencampurkan air bersih sebanyak satu liter.

Kemudian, aduk soda api dengan air sampai merata. Anda dapat menggunakan kayu untuk mengaduk campuran tersebut.

Masukkan campuran itu ke dalam lubang knalpot

Gunakan corong untuk memasukkan cairan itu ke dalam lubang knalpot. Tuangkan secara perlahan, sedikit demi sedikit.

Pastikan cairan soda api dan air masuk dan tersebar merata ke dalam knalpot. Anda dapat menggoyang-goyangkan knalpot agar campuran itu tersebar ke seluruh area dalam knalpot.

Diamkan sesaat sekitar 10 menit

Diamkan cairan itu dalam knalpot sekitar 10 menit. Gunanya untuk memastikan kerak yang menempel di dinding knalpot mengelupas.

Pukul knalpot dengan palu karet

Ketika didiamkan selama 10 menit dan sudah dingin, gunakan palu karet untuk memukul-mukul bagian luar knalpot.

Jangan terlalu keras memukul-mukul knalpot tersebut. Ketika dipukul, kotoran yang menempel di bagian dalam knalpot akan rontok semua.

Bilas dengan air bersih

Tahap akhir pembersihan dan perawatan knalpot menggunakan soda api adalah dengan membilas bagian dalam knalpot dengan air bersih. Jangan gunakan air sabun karena dapat memicu munculnya bercak putih dari endapan sabun.

Gunakan air bersih mengalir untuk membuang semua rontokan kerak yang sudah dibersihkan. Setelah knalpot dibilas, keringkan dengan cara dianginkan, serta tidak dijemur di bawah sinar matahari.

Baca juga: Macam-macam Knalpot Racing Terbaik Buatan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *