Pelanggaran Lalu Lintas pada Adegan di Film Dilan

Film Dilan 1990 merupakan tayangan populer yang mendapatkan hati para pecinta film Indonesia. Diangkat dari novel laris karya Pidi Baiq, film Dilan 1990 tembus 2,2 juta penonton hanya dalam satu pekan.

Tokoh Dilan yang diperankan Iqbaal Ramadhan merupakan sosok panglima perang keren, tampan, serta sangat romantis terhadap perempuan. Kata-katanya yang puitik mampu menaklukkan hati Milea (Vanesha Prescilla). 

Kendati demikian, sosok Dilan sebagai pengendara sepeda motor bukan sosok teladan yang harus diikuti. Sebab, selama berkendara, Dilan kerap menggunakan sepeda motor modifikasi tanpa spion dan tidak mengenakan helm.

Imbauan pelanggaran lalu lintas Dilan ini digambarkan media sosial Satlantas Polres Karawang, Jawa Barat. Takarir pos media sosial Instagram satlantas itu berbunyi:

“Jangan ikuti Dilan, kamu gak akan kuat. Cukup Dilan aja yang gak pake helm dan gak pake spion,” catat akun Instagram Satlantas Polres Karawang.

Akun TMC Polresta Bandung juga menyatakan takarir yang mirip dengan beberapa petikan kalimat Dilan. “Jangan tiru Dilan. Kalian gak akan kuat. Dilan ngelanggar dua pasal [lalu lintas]: gak pake helm sama kelengkapan kendaraan.”

Jika benar-benar ada Dilan di dunia nyata sesuai film tersebut, tentunya akan ditahan polisi, ditilang, dan harus membayar denda karena pelanggarannya. Berikut ini dua pelanggaran lalu lintas yang sudah dilakukan Dilan.

Dilan tidak mengenakan helm

Helm merupakan peralatan berkendara yang wajib dikenakan setiap pengemudi dan penumpang sepeda motor. Tujuannya adalah untuk menjaga keselamatan dan mencegah risiko benturan kepala ketika terjadi kecelakaan.

Dilan memang berani bertengkar dan memiliki mentalitas kuat. Namun, bisa dipastikan ia tak akan kuat menghadapi kecelakaan lalu lintas. Kondisinya yang tak mengenakan helm sangat berbahaya ketika berkendara di jalan raya.

Selain itu, jika Dilan sayang dengan Milea, ia pun harus menyiapkan helm bagi perempuan yang ia taksir tersebut. Tampaknya, Dilan belum sadar aturan dan keselamatan lalu lintas.

Pelanggaran Dilan tak mengenakan helm ini diancam pasal 291 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Nomor 22 Tahun 2009.

Pasal tersebut menyatakan bahwa pengendara atau penumpang sepeda motor yang tak mengenakan helm standar nasional Indonesia (SNI) akan didenda paling banyak Rp250 ribu atau pidana kurungan paling lama sebulan.

Sepeda motor Dilan tidak dilengkapi spion

Dilan boleh saja memiliki sepeda motor modifikasi keren, namun selama tidak dilengkapi spion, kendaraan Dilan dianggap tidak layak persyaratan teknis. Semestinya, motor Dilan tidak dilajukan di jalan raya sebelum dipasangkan spion.

Jika ketahuan polisi, Dilan akan ditilang berdasarkan pasal 48 UU LLAJ 22/2009. Dendanya paling banyak Rp250 ribu atau pidana kurungan penjara paling lama sebulan.

Baca juga: Pelanggaran Lalu Lintas dalam Film Fast & Furious

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *