Modifikasi Gaya Scrambler, Konsep Jadul tapi Tetap Keren

Modifikasi motor gaya scrambler (Foto: motorplus)

Salah satu modifikasi sepeda motor paling sederhana dan biayanya terjangkau adalah modifikasi gaya scrambler. Modifikasi scrambler ini biasanya tidak mengubah bagian sasis motor sehingga tidak menguras kantong. Gaya modifikasi jadul yang simpel ini banyak diminati pengendara awam, serta juga primadona di kalangan penggemar otomotif.

Kendati semua motor sport naked bisa dimodifikasi dengan gaya scrambler, namun motor yang paling sesuai adalah yang bermesin V. Selama ini, modifikasi gaya scrambler yang paling enak diubah adalah Yamaha Scorpio karena badannya sudah sesuai dengan gaya scrambler sehingga tidak menuntut banyak perubahan.

Selain Yamaha Scorpio, sepeda motor yang mudah digarap builder untuk dijadikan gaya scrambler adalah Honda Tiger dan Megapro. Dua model ini dikenal sebagai motor dari kubu sayap kepak. Kendati demikian, untuk sepeda motor Honda, para builder harus memodifikasi bagian rangka untuk dibentuk ulang agar sesuai dengan gaya scrambler.

Motor gaya scrambler biasanya memiliki sejumlah ciri yang menandakan frame khasnya, mulai dari posisi ground clearance yang lebih tinggi daripada motor biasanya. Tujuannya adalah untuk menghindari lumpur atau percikan air di jalanan basah. Sebab, motor scrambler merupakan gaya modifikasi semi off-road.

Ban motor gaya scrambler umumnya menampilkan ban knobbly agar memantapkan gaya semi off-road-nya. Bannya ini menggunakan ban dual-purpose sehingga tidak risih digunakan untuk jalan bergeronjal. Selain itu, sepeda motor scrambler juga biasanya memiliki stang fatbar dan posisi knalpot lebih tinggi.

Fungsi knalpot tinggi ini berguna ketika melintasi jalan becek dengan genangan air cukup dalam. Dengan demikian, knalpotnya tidak terganggu dan posisinya yang tinggi mencegah agar tidak kemasukan air.

Untuk tangkinya sendiri, bentuknya bulat memanjang dengan posisi tidak datar. Sementara, lampu depannya biasanya bulat agar kesan vintage-nya lebih kuat.

Ciri-ciri scrambler di atas sangat sesuai dengan kegunaan motor yang serba bisa melewati ragam medan jalan, mulai dari jalan mulus, jalan raya, hingga jalan bergeronjal. Karena ia merupakan semi off-road, maka track tanah dan track sirkuit pun lancar dilewati motor gaya scrambler ini.

Jika Anda tertarik memodifikasi motor gaya scrambler, estimasi biaya yang akan dikeluarkan berkisar antara Rp10-25 juta rupiah, di luar harga motor yang menjadi bahan modifikasi. 

Aturan modifikasi motor ini sebenarnya cukup ketat. Kendati demikian, saat ini sudah banyak bengkel resmi modifikasi motor, seperti bengkel Katros Garage, Street Art Custom, Thrive Custom, Studio Motor, Bimo Custom Bike, Elders Garage, dan sebagainya. Bengkel-bengkel ini sudah diakui pemerintah sehingga hasil modifikasi scrambler-nya legal dan sesuai dengan regulasi lalu lintas di Indonesia.Saking populernya gaya modifikasi scrambler ini, pabrikan motor asal Bologna, Italia, Ducati mengeluarkan jenis sepeda motor Ducati Scrambler 400 dan 800 cc untuk memenuhi permintaan pasar terhadap gaya motor scrambler di kalangan pecinta otomotif roda dua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *