Jenis-Jenis Jas Hujan dan Fungsinya bagi Pengendara Motor

Jas hujan adalah perlengkapan berkendara yang harus ada dan siap sedia di jok sepeda motor. Persediaan jas hujan berguna sebagai persiapan ketika sewaktu-waktu turun hujan.

Pada dasarnya, ada banyak jenis jas hujan. Setiap ragam mantel ini memiliki bentuk dan gaya berbeda-beda. Namun pastinya, jas hujan harus tahan air agar pengedara tidak kebasahan. 

Ketika akan membeli jas hujan, pengendara mesti memperhatikan bahannya. Bahan mantel hujan harus memiliki resistensi tinggi terhadap air atau waterproof. Semakin tinggi resistensinya, jas hujan tidak mudah tembus air, meskipun hujannya amat lebat.

Pertimbangan lain ketika memilih jas hujan adalah bahan yang sebaiknya lekas kering. Jika jas hujan lembab atau lamban kering, bahannya akan cepat lapuk, serta menguarkan aroma tak sedap. 

Selepas mengetahui penjelasan di atas, ada juga model-model jas hujan yang harus dikenali pengendara. Selain menahan badan agar tidak kebasahan, jas hujan juga kerap menjadi busana fesyen untuk menunjang penampilan.

Berikut ini jenis-jenis jas hujan yang banyak beredar di kalangan pengendara di Indonesia.

Jas Hujan Overcoat

Jas hujan overcoat atau jas hujan reversible adalah mantel anti air yang dapat dibalik. Biasanya, jas hujan jenis ini dikenakan oleh petugas kepolisian atau pekerja tambang.

Masyarakat umum tak banyak yang menggunakan jas ini. Namun, apabila tertarik, Anda dapat memesannya secara daring.

Jas Hujan Ponco

Jas hujan ponco adalah jas hujan lebar yang hanya memiliki satu lubang di bagian kepala. Tak ada bagian lengan untuk jas hujan ini. Biasanya, ada kancing untuk menutup bagian samping kiri dan kanan mantel.

Jas hujan ponco berguna untuk pengendara motor yang kerap mengantar barang, terkhusus untuk melindungi barang bawaan agar tidak basah. 

Kekurangan jas hujan ponco adalah pinggirnya yang terbuka, serta masih memungkinkan pengendara kecipratan air dari samping kiri dan kanannya

Jas Hujan Plastik

Jas hujan plastik adalah mantel anti air yang harganya paling murah dari yang lainnya. Bahannya adalah plastik tipis yang mirip dengan plastik belanja.

Ukuran jas hujan plastik ini bervariasi. Ketika akan membeli, pengendara dapat menyesuaikan dengan postur tubuhnya.

Kekurangan jas hujan plastik adalah bahannya yang mudah robek, serta mudah dimasuki air. Biasanya, pengendara yang mengenakan jas hujan plastik adalah yang kepepet dan lupa membawa jas hujan. 

Lantas, ia datang ke warung atau toko terdekat untuk membeli jas hujan plastik untuk pemakaian sementara.

Jas Hujan Gamis

Sebagaimana namanya, jas hujan gamis memang dirancang bagi hijabers yang kerap mengenakan rok panjang. 

Jas hujan ini mirip setelan gamis yang menjulur ke bawah. Ukurannya pun bervariasi menyesuaikan dengan postur tubuh perempuan Indonesia.

Jas Hujan Sport

Nike dan Adidas adalah dua brand terkenal yang memproduksi jas hujan sport. Jas hujan ini mirip dengan jaket sportif olahraga, serta dilengkapi dengan resleting. 

Jas hujan sport ini cocok untuk penggemar fesyen yang tetap ingin tampil kasual walaupun sedang turun hujan.

Jas Hujan Setelan atau Jas Hujan Training

Jas hujan setelan atau jas hujan training adalah mantel anti air populer di Indonesia. Setelannya terdiri dari busana bagian atas dan celana waterproof. 

Ukuran mantel hujan training juga bervariasi, mulai dari ukuran dewasa hingga anak-anak. Karena itu, penggunaannya nyaman dan cocok dikenakan siapa pun.

Jas Hujan Transparan

Pada mulanya, jas hujan transparan kerap digunakan oleh pembalap Moto GP. Di ajang balapan sepeda motor itu, biasanya ada logo sponsor tertera pada jas hujan transparan yang dikenakan si pembalap.

Dari modelnya, jas hujan transparan mirip dengan jas hujan training. Bedanya, mantel ini tak memiliki celana dan hanya terdiri dari atasan panjang yang menjulur hingga ke betis.

Kelebihan fesyennya, bahan jas hujannya yang transparan akan menampakkan busana atau setelan pengendara yang mengenakan mantel tersebut.

Baca juga: 5 Tips Aman Berkendara Saat Musim Penghujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *