Jangan Parkir Kendaraan di Bawah Pohon, Ini Risikonya

Di musim penghujan seperti sekarang, sudah sering terjadi kasus mobil yang tertimpa pohon roboh. Baru-baru ini, dua kendaraan yang terparkir di kawasan pusat pemerintah Kabupaten Tangerang rusak tertimpa pohon, demikian juga di Depok, Pekanbaru, dan sebagainya. Tak jarang, kecelakaan tertimpa pohon ini juga memakan korban jiwa.

Risiko pohon roboh ini bisa menimpa siapa saja.  Kejadian-kejadian di atas seharusnya menjadi pelajaran bersama untuk menghindari parkir kendaraan di bawah naungan pohon.  

Bisa jadi, tujuan pemilik kendaraan memarkir di bawah pohon adalah untuk mencari tempat teduh dan menghindarkan mobil dari paparan sinar matahari langsung. 

Hal ini cukup masuk akal. Sebab, paparan sinar matahari dapat membuat cat mobil kusam dan rusak dalam jangka panjang. Sayangnya, di balik keteduhan pohon tersebut terdapat sejumlah risiko yang mengancam. 

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna menyatakan bahwa seyogyanya pengendara tidak lagi memarkir mobilnya di bawah pohon. 

“Sebaiknya parkir mobil tidak lagi di bawah pohon, karena potensi bahaya banyak. Misalkan pohon tumbang, atau buahnya jatuh sehingga menimpa mobil dan membuat penyok,” kata Suparna.

Penjelasan mengenai risiko parkir mobil di bawah pohon itu adalah sebagai berikut.

Pertama, tidak ada yang dapat menjamin bahwa pohon itu tidak roboh atau tumbang. Terlebih, di musim penghujan dan berangin seperti sekarang, risiko pohon tumbang atau dahannya patah lebih besar daripada musim kemarau.

Selain itu, ada juga pohon yang memiliki buah besar, seperti kelapa, mangga, dan sebagainya yang jika jatuh dapat membuat penyok eksterior mobil.

Kedua, Risiko pohon tumbang atau tangkai patah ini tidak hanya membahayakan kendaraan, namun juga pengemudi dan penumpang dalam mobil tersebut. 

Jika pohon tumbang menimpa mobil yang ada pengemudinya, hal ini tentunya membahayakan keselamatan orang yang berada dalam kendaraan roda empat tersebut.

Ketiga, tujuan pengendara parkir mobil di bawah pohon adalah untuk mencari keteduhan, menghindari sinar matahari, serta menjaga agar cat mobil tidak lekas kusam. Namun, memarkir mobil di bawah pohon sebenarnya berisiko menjadikan cat mobil kian mudah rusak.

Hal ini disebabkan kotoran dan getah yang kadang jatuh dari pohon. Ada juga debu, kotoran burung, atau hewan lain yang bersarang atau berkeliaran di pohon itu. 

Di musim hujan seperti sekarang, kotoran tadi akan mudah terkena air. Hal itu akan menimbulkan jamur atau flek di bodi mobil apabila tak segera dibersihkan.

Baca juga: 5 Cara Mudah Perawatan Mobil Saat Musim Hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *