Helm Iron Man versi Nyata, Begini Fitur dan Harganya

Helm canggih ala Iron Man, karakter fiktif dari studio Marvel, kini sudah dijual secara bebas. Perusahaan helm bernama Jarvish asal Taiwan mengembangkan helm pintar yang terinspirasi dari kecanggihan helm Iron Man. Helm Jarvish ini dibanderol dengan harga sekitar Rp14-16 jutaan.

Di film Iron Man, penonton menyaksikan bahwa helm Iron Man tersambung dengan Jarvis, sistem kecerdasan buatan yang membantu Tony Stark dalam kerja-kerja Iron Man-nya. Melalui helm itu, ia dapat mengakses berbagai informasi, menelpon, memeriksa pesan masuk, hingga mengetahui medan jalan.

Menurut pengakuan Robert Downey Jr., pemeran Tony Stark dalam Iron Man, bahkan ketika ia mengenakan helm Iron Man, sebenarnya teknologinya tidak secanggih yang terpampang dalam film superhero tersebut. 

Saat syuting, Tony Stark tidak melihat apa pun ketika mengenakan helm Iron Man. Namun, seiring perkembangan zaman, ahli teknologi benar-benar mengembangkan helm berdasarkan imajinasi karakter fiktif tersebut.

Helm Iron Man versi nyata itu diberi mana helm pintar Jarvish yang tersedia dalam 2 seri, yaitu seri X yang jadi varian entry level dan X-AR yang paling tinggi.

Helm Iron Man versi Nyata: Helm Jarvish X-AR

Kendati terinspirasi dengan kecanggihan helm Iron Man, desain helm Jarvish X-AR tidak benar-benar menyerupai helm Iron Man. Bentuknya tidak nyaris berbeda dengan helm pada umumnya,

Agaknya, perusahaan Jarvish tidak ingin produk helmnya terlalu tersegmentasi pada penggemar Iron Man saja, namun bisa dipasarkan lebih luas kepada pengendara lainnya, kendati tidak mengenal karakter Iron Man.

Meskipun demikian, fitur helm Jarvish ini benar-benar menyerupai helm Iron Man, seperti kamera 360 derajat yang menjadikan orang yang mengenakannya bisa melihat sekeliling dengan bebas. 

Tidak hanya itu, berkat teknologi augmented reality (AR), layar HUD kecil dapat memantulkan berbagai informasi ke visor. Dilansir Ducachica, HUD merupakan kependekan dari head-up display, yaitu fitur yang memungkinkan pengendara untuk mengetahui kecepatan kendaraan, rute arah, koordinat GPS, gigi mesin, penunjuk waktu, kompas, cuaca, memeriksa pesan masuk, telepon, dan lain sebagainya.

Helm Jarvish X-AR ini juga tersambung ke ponsel pengguna, tersambung ke internet, terutama Google untuk memudahkan pengguna mengakses informasi.

Menariknya, sebagaimana karakter Iron Man, pengguna tinggal memerintahkan helm Jarvish untuk menunjukkan akses yang diminta pengendara. Sebab, helm Jarvish ini turut dilengkapi dengan voice command, berupa Google Assistant, Alexa, atau fitur Siri sehingga dapat dikontrol dengan suara.

Untuk menjalankan kecanggihan teknologinya, helm Jarvish dilengkapi dengan baterai lithium yang bertahan hingga 8 jam. Lantas, dengan segala kecanggihan itu, apakah bobot helm Jarvish X-AR sangat berat? Tidak. Bahan karbon di cangkang luarnya yang sangat ringan sehingga bobot keseluruhan helm ini hanya sekitar 1.7 kilogram 

Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian helm Jarvish ala Iron Man, bisa diklik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *