Cara Memarkirkan Mobil dengan Benar dan Aman

Memarkirkan mobil untuk orang yang baru bisa menyetir adalah tantangan yang tak jarang dirasa berat. Ketakutan untuk menabrak pembatas parkir atau mobil lain jadi hal yang paling ditakuti.

Bahkan bila ada tukang parkir yang membantu mengarahkan, ketakutan menabrak tak seketika hilang. Apalagi ketika hendak memarkirkan mobil di tempat yang ramai dan sempit seperti parkiran mall, pasar, atau bahu jalanan yang ramai kendaraan berlalu-lalang.

Memarkirkan mobil memang susah-susah gampang, bahkan tak jarang orang yang terbiasa menyetir mobil masih parkir dengan tidak rapi. Kita pasti sering menemukan mobil terparkir yang justru menghalangi jalan karena miring.

Namun, memarkirkan mobil yang rapi bukanlah hal yang mustahil. Etilang.id akan memberikan tips dan cara memarkirkan mobil dengan benar.

Tenang dan Berkonsentrasi

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah bersikap tenang dan tetap berkonsentrasi pada tempat parkir. Konsentrasi dan ketenangan dibutuhkan untuk melihat area parkir yang tersedia.

Jika Anda berada di tempat parkir yang ramai, konsentrasi dan ketenangan dibutuhkan untuk memahami tempat parkir. Apakah area yang tersedia adalah parkir miring, paralel, atau lurus.

Kenali Medan

Sebagaimana dijelaskan di atas, secara umum terdapat tiga jenis parkis, yakni parkir miring, paralel, dan lurus. Ketiganya punya cara parkir yang berbeda satu sama lain.

Parkir jenis paralel adalah parkir yang cukup rumit. Hal tersebut dikarenakan Anda tak punya banyak ruang untuk melakukan manuver, sehingga perlu dilakukan secara perlahan dan hati-hati.

Untuk parkir jenis paralel, yang perlu dilakukan adalah memasukkan gigi mundur (R), kemudian putar setir ke sisi arah tempat parkir. Kemudian mundurkan mobil ke arah yang dituju dengan perlahan. Putar setir sesuai kebutuhan sehingga posisi berhenti mobil sesuai dengan mobil di depan.

Untuk parkir jenis miring, Anda tak perlu khawatir karena tergolong mudah dilakukan. Biasanya terdapat ruang yang cukup besar untuk melakukan manuver di tempat parkir model miring ini.

Langkah yang pertama yang mesti dilakukan untuk parkir model miring adalah menyejajarkan arah mobil dengan garis parkir yang tersedia. Kemudian pindahkan gigi ke posisi R, setelah itu bergerak lurus dalam posisi 45 derajat.

Sedangkan untuk parkir model lurus, yang perlu Anda lakukan adalah menyejajarkan letak spion Anda dengan mobil disampingnya. Lakukan dengan perlahan sehingga dapat memastikan cukup ruang untuk membuka pintu.

Pahami Arah Kelok Mobil

Berkelok ke arah depan merupakan hal yang mudah, namun berbeda halnya dengan berkelok sewaktu mundur. Seringkali, sopir pemula akan kebingungan dan ragu-ragu untuk memutar setir mobil.

Oleh karenanya, sebelum memarkirkan mobil, hendaknya sopir memastikan ulang cara kerja setir mobil ketika mundur ke belakang. Hal yang perlu diingat adalah, cara memutar setir tetaplah sama ketika bergerak maju. Memutar ke kiri untuk belok kiri, dan memutar ke kanan untuk belok kanan.

Perhatikan Semua Kaca Spion

Terdapat tiga buah spion yang dapat Anda gunakan sebagai alat bantu melihat ketika menyetir. Dua spion di samping mobil dapat digunakan sebagai alat bantu melihat kondisi samping, sedangkan spion tengah dapat Anda gunakan untuk melihat sejauh mana Anda memundurkan mobil.

Ketika hendak memarkirkan mobil, pastikan Anda menggunakan semua spion secara berkala agar posisi berhenti mobil tidak melenceng dari garis batas yang tersedia.

Injak Pedal Rem dan Gas Secara Perlahan

Perlahan-lahan adalah syarat yang perlu dilakukan agar dapat memarkirkan mobil dengan aman. Jangan terburu-buru ketika memarkirkan mobil Anda.

Menginjak pedal secara perlahan juga berguna agar Anda tak panik dan salah menginjak pedal saat memarkirkan kendaraan. Bersikap tenang dan konsentrasilah ketika memarkirkan kendaraan.

Baca juga: 6 Tips Merawat Mobil Agar Awet dan Tahan Lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *