Apa Perbedaan Helm Fullface dan Helm Cargloss

Helm adalah perlengkapan keamanan yang mesti dikenakan ketika mengendarai sepeda motor. Helm berguna untuk menjaga kepala dari benturan. Seiring perkembangan zaman, helm tidak hanya menjadi perlengkapan keamanan, namun juga atribut fesyen bagi pengendara sepeda motor.

Di antara helm populer yang beredar di Indonesia adalah helm Cargloss dan helm fullface. Banyak pengendara yang bingung membedakan keduanya. Berikut ini penjelasan mengenai helm Cargloss dan fullface, mulai dari perbedaan, kelebihan, dan kekurangan dari masing-masing helm.

Sebenarnya, Cargloss adalah produsen pembuat helm yang produk utama mereka adalah helm half-face. Saking populernya Cargloss sebagai merek helm, ia kerap digunakan sebagai majas metonimia untuk menyebut jenis helm bergaya retro, kendati mereknya bukan Cargloss.

Helm Cargloss

Umumnya, helm Cargloss memiliki bentuk unik, bundar dan memiliki lekukan kecil di bagian depannya. Selain itu, kaca helmnya berbentuk retro dan trendi.

Seiring perkembangannya, Cargloss juga memproduksi helm modular dan helm fullface, kendati produk andalannya tetap helm half-face. Produk terbaru Cargloss adalah helm khusus untuk hijaber; yang bertujuan untuk kenyamanan berkendara selagi memakai jilbab saat mengendarai sepeda motor.

Jika ingin membeli Cargloss, pastikan originalitasnya. Sebab, seiring kian populernya helm Cargloss, banyak Cargloss versi palsu atau KW.

Karena itu, sebelum membeli helm Cargloss, cek logo dan stikernya. Jika Cargloss-nya KW, maka stikernya mudah rusak, catnya tidak rapi, dan kancing helm-nya juga dilengkapi logo Cargloss.

Helm Fullface

Helm fullface kerap digunakan oleh pembalap dalam kompetisi sepeda motor. Sebagaimana tersirat dalam namanya, helm ini menutupi semua bagian kepala.

Dibandingkan helm Cargloss half-face, helm fullface ini lebih aman digunakan karena dapat mencegah risiko benturan dan menyelamatkan area wajah dari risiko kecelakaan.

Berdasarkan data Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional, cedera wajah merupakan akibat paling sering terjadi karena tidak mengenakan helm. Karena itulah, helm fullface memberi perlindungan penuh pada kepala dan wajah.

Dari segi keamanan, helm fullface lebih direkomendasikan, namun helm ini tidak fleksibel dan agak ribet. Selain itu, helm fullface lebih panas daripada helm Cargloss karena menutupi semua bagian kepala.

Untuk itu, helm fullface biasanya dilengkapi dengan ventilasi masuk udara yang dapat ditutup di bagian depan, biasanya di bagian dagu dan dahi. Ventilasi ini berguna untuk mengalirkan udara agar tetap dingin.

Singkatnya, perbedaan helm fullface dan Cargloss adalah jenis helm dan produsen atau merek helm-nya. Jenis fullface adalah helm yang menutupi seluruh bagian wajah, sementara Cargloss adalah perusahaan yang memproduksi berbagai jenis helm, baik itu half-face, modular,sampai fullface juga.

Tidak hanya itu, mengenakan helm adalah kewajiban setiap pengendara sepeda motor di Indonesia. Pengendara yang tidak mengenakan helm dianggap sudah melanggar aturan lalu lintas. Jika ketahuan, maka pengendara bersangkutan akan ditilang polisi dan wajib membayar denda maksimal Rp250 ribu atau kurungan penjara paling lama sebulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *