6 Tips Merawat Mobil Agar Awet dan Tahan Lama

Agar tetap awet dan nyaman dikendarai, mobil harus selalu dirawat dan diperhatikan. Servis mobil juga sebaiknya dilakukan berkala agar kendaraan bisa dipakai dalam jangka waktu panjang.

Pemilik mobil jangan tahu cara memakai kendaraannya saja, melainkan juga cara memeliharanya. Jika mobil tak dirawat dengan benar, ia akan mudah rusak. Perawatan mobil tidak cukup hanya dengan ke bengkel, pemilik mobil juga harus paham cara memelihara kendaraannya secara mandiri.

Berikut ini tips-tips merawat mobil yang baik dan benar, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

Periksa oli mobil secara rutin

Oli adalah pelumas mobil yang harus diperhatikan dan diganti secara rutin. Idealnya, oli mobil dapat diganti setelah melewati 5.000-7.500 kilometer perjalanan. 

Cek kampas kopling dan rem 

Setiap menempuh perjalanan 10.000 sampai 50.000 kilometer, periksalah kondisi kendaraan Anda. Biasanya, kampas kopling sudah mulai aus. 

Ausnya kampas kopling ini menunjukkan bahwa ia harus segera diganti agar perpindahan gigi tak terasa berat. 

Selain itu, minyak rem juga perlu dicek. Tanda-tanda minyak rem perlu diganti adalah cengkramannya tidak lagi kuat. 

Idealnya, penggantian minyak rem dilakukan setiap perjalanan 20.000 kilometer.

Gunakan bahan bakar yang tepat 

Setiap mesin mobil memiliki spesifikasi bahan bakar yang berbeda-beda. Apabila bahan bakarnya salah, kotor, atau tak diisi di pengisian resmi, mesin mobil akan mudah rusak dan tidak tahan lama.

Cek Aki

Pastikan air aki sesuai level seharusnya. Kadar level itu ada di antara garis batas penanda. Anda juga dapat mengukur tegangan aki dengan alat voltmeter.

Ganti air radiator secara berkala

Untuk menunjang performa mobil Anda, ganti air radiator secara berkala. Gunakan air yang bersih dan bebas kotoran.

Sebagai upaya bersiap-siap, sediakan stok air radiator di garasi mobil Anda. Selain itu, pastikan membeli air radiator di tempat resmi yang sesuai dengan mobil Anda.

Servis mobil Anda secara rutin

Hal penting yang wajib dilakukan pemilik mobil adalah menyervis kendaraannya di bengkel terpercaya. Servis itu dapat dilakukan pada eksterior dan interior mobil, mengganti oli, mengatur air radiator, cek aki, ban mobil, dan sebagainya.

Selain enam perawatan di atas, pemilik mobil juga memastikan kondisi cat mobil, menghindari gesekan dengan benda keras yang berpotensi membikin baret. Jika ingin mencuci mobil, gunakan sabun khusus dan lap dengan spons halus. 

Ketika memarkir mobil, jangan menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Cari tempat teduh, namun jangan parkir di bawah naungan pohon. 

Jika tak menemukan tempat teduh, Anda dapat menutupi mobil dengan cover khusus yang mengandung anti UV. Paparan cahaya matahari langsung dapat merusak cat mobil dalam jangka panjang.

Baca juga: 5 Cara Mudah Perawatan Mobil Saat Musim Hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *