5 Cara Mudah Perawatan Mobil Saat Musim Hujan

Memasuki musim hujan seperti sekarang, pemilik mobil harus memperhatikan kondisi kendaraan roda empat yang ia miliki. Apabila tak dirawat dengan baik, performa mobil cenderung tak maksimal dan kenyamanan berkendara berkurang.

Secara tidak langsung, cuaca musim hujan akan berpengaruh pada kondisi mobil yang Anda miliki. Air hujan yang mengandung kadar asam dan zat garam tinggi dapat memicu karat pada bagian mobil yang berbahan besi.

Karena itu, penting bagi pengendara untuk mengetahui cara merawat mobilnya di musim hujan. Kiat-kiat berikut ini dilakukan pengendara secara mandiri, tanpa harus ke bengkel. 

Selain itu, musim hujan ini juga dapat menjadi langkah awal untuk melakukan pengecekan kendaraan secara teliti dan detail.

Berikut ini sejumlah cara untuk merawat mobil di musim hujan sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

Cegah karat mobil akibat tetesan air hujan

Ketika mobil terkena air hujan, segera lap menggunakan spons dan sabun khusus mobil, kemudian bilas dengan air bersih. Jangan sampai air hujan mengering di mobil Anda.

Air hujan berbeda dengan air biasa. Kandungan garam dan zat asam pada air hujan lebih tinggi daripada air pada umumnya. Karena itulah, ketika air hujan mengering di permukaan mobil, biasanya akan meninggalkan sisa-sisa bercak berbekas di bodi mobil. 

Apabila dibiarkan, lambat-laun bekas air hujan itu dapat merusak cat dan lapisan luar mobil.

Periksa juga bagian dalam mobil yang terkena air hujan. Tanpa disadari, air bisa jadi masuk ke celah-celah mobil yang sempit pada bagian mesin. Apabila ada air di bagian mesin, tidak mustahil akan membuat mobil jadi mogok.

Gunakan karpet berbahan karet atau kulit sintetis di lantai mobil

Alas kaki basah yang dikenakan ketika memasuki mobil dapat menimbulkan jamur di lantai kendaraan. Jika dibiarkan, kondisi ini akan menimbulkan jamur sehingga kendaraan cenderung kotor dan beraroma tak sedap.

Untuk mencegah hal tersebut, gunakan karpet tambahan berbahan karet atau kulit sintetis supaya alas kaki basah tidak bersentuhan langsung dengan lantai mobil.

Semprot dengan silicon spray

Gunakan silicon spray atau cairan silikon untuk melembabkan dan melicinkan karet kaca dan pintu mobil. Silicon spray ini adalah pelumas semprot khusus untuk bahan karet.

Di musim hujan, karet kaca yang kerap terkena paparan air dan panas cenderung lebih cepat rusak. Penggunaan silicon spray berguna agar karet kaca mobil lebih tahan lama dan tak mudah rusak. 

Pastikan rem dan ban mobil berfungsi normal

Rem dan ban mobil adalah dua komponen yang harus berfungsi normal di musim hujan. 

Jalanan yang basah dan becek menjadikan permukaannya lebih licin daripada biasanya. Cengkraman ban cenderung lebih longgar, terutama ban yang sudah lama dipakai. 

Alasan traksi ban kurang mencengkram adalah tekanan anginnya yang kurang atau ban sudah kempes. Tekanan angin yang baik adalah yang sesuai rekomendasi pabrikan. Rekomendasi itu tercatat di manual sepeda motor atau plakat ban. 

Pada musim penghujan, traksi ban juga bergantung pada kedalaman alur ban. Jika gigitannya sudah berkurang, artinya ban itu sudah mencapai batas tread wear indicator (TWI). Dalam bahasa awam, bannya sudah botak dan melebihi masa pakai. 

Dengan demikian, pemilik mobil mesti mengganti ban luarnya dengan ban baru agar lebih aman dan nyaman berkendara di musim penghujan.

Periksa juga kondisi rem mobil apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Keberfungsian rem dan ban mobil berperan penting dalam menentukan keselamatan berkendara selama musim hujan.

Parkir di area tertutup

Saat mobil tak dipakai, parkir di tempat atau garasi tertutup. Dengan demikian, mobil dapat terlindungi dari paparan air hujan, sinar matahari, dan debu yang kerap mengganggu performa mobil.

Jikapun mobil terpaksa dibiarkan di area terbuka, lindungi mobil dengan penutup atau cover mobil. Hal ini berguna untuk mencegah mobil terkena air hujan dan paparan sinar matahari secara langsung.

Baca juga: Memasuki Musim Penghujan, Berikut Tips Berkendara untuk Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *